Saturday, May 15, 2010

mesjid ibnu maud no.54












siang jam 14.00 terasa panas membakar tubuhku.... ku berjalan menuju stasion metro ibn baitutta ms dengan berdesakan sesama masyarakat dubai yg juga bersegera menuju locket metro, ku ambil nol kartu magnetik ticket metro dan mulai menempelkannya ke mesin pintu karcis, pintu terbuka segera kumasuk dan melangkah menuju eskalator panjang tempat kereta berada, sepuluh menit kemudian kereta tiba pintu otomatis terbuka sebagian penumpang keluar ku segera masuk. tak terlihat satupun bangku kosong semuanya terisi dan cenderung penuh, ya.. siang itu masyarakat yang menumpang metro sangat banyak... setelah beberapa station metro terlewati kulihat dari kejauhan mesjid besar agung dan indah dekat station metro emirates tower, kuputuskan untuk turun dan segera ku melangkah keluar metro sekian detik setelah pintunya terbuka..

setelah menempelkan kartu dan keluar station ku arahkan kakiku kearah barat menuju mesjid nan indah itu, dengan menyebrang zebra croos setelah ku tekan tombol lampu lalu lintas guna menyebrang dan kupastikan semua mobil berhenti ke berjalan cepat menuju mesjid yang segera dapat kuketahui bernama Ibn maud mosque dari papan nama berbahasa arab yang menempel didinding dekat pilar pintu masuknya... kubuka sepatu, ambil air wudlu dimana dapat kulihat kran air berjumlah 15 dengan lantai keramik panjang kecil2 berwarna putih dan tepat di tempat keran keramik coklat mendominasi dindingnya..wuih segarnya air jernih menghilangkan kepenatan panasnya matahari siang itu...



Kubaca doa setelah selesai wudlu ku ucapkan salam begitu kaki kananku membuka pintu masuk mesjid ini yang berjumlah 3 berwarna coklat besar-besar dengan masing-masing pintu berjumlah 2 daun pintu, karpet merah tua bermotif rantai putih gading menyambutku dan masyaallah didalam ruangan mesjid yang berbentuk persegi 9 ini begitu menakjubkan, dengan 4 tiang utama menyangga kubah besar berjendela sekitar 16 indah itu sungguh serasi dengan lampu hias besar tepat ditengah kubah...

mesjid yang memiliki 32 shaf itu semakin indah bila kita melihat mihrab yang berkeramik hijau muda dan tua selang seling didepan dan samping kanan serta kirinya terdapat 2 mihrab kecil lengkung berpilar kecil2 namun indah berjumlah 16 buah, bangunan yang memiliki jendela besar-besar sekitar 22 buah dan memiliki kaca berjumlah 17 buah setiap jendelanya menyerupai kubah dom ala timur tengah.



bila pandangan kita arahkan ke dalam kubah tepat disekeliling kubah mengelilingi lampu hias besar tadi ada sekitar 16 buah bermotif sama berwarna emas dan tepat disekeliling kubah dalam agak keatas berada lampu hias lengkung ala lampu baca berjumlah dan motif sama. ditiangnya yang tinggi dimana kubah menopang diatasnya terdapat 2 jam dinding bulat, serta disebelah kiri mihrab terdapat 1 jam dinding lainnya dengan model yang sama serta sebelah kanannya mihrab terdapat penunjuk waktu sholat otomatis.



kumulai bersiap-siap melaksanakan sholat tahkiyat mesjid dan pikiranku fokus kepada sholat sunah yang kujalankan.... selesai mengucapkan salam tanda selesainya sholatku, keberjalan kearah kanan dinding mulai ambil quran dan siap-siap tadarusan, waktu saat itu menunjukan jam 15.15 uae. kuedarkan pandangannku kearah dinding yang terdapat banyak rak kaca berwarna choklat tempat dimana al-quran diletakkan berjumlah 26 mengelilingi mesjid ini.

tepat didinding dimana rak kaca itu berada marmer berwarna mozaik hijau tua dan coklat setinggi 70 cm mengelilingi dinding dengan sangat indah. kumulai membaca ayat yasin dan kumulai tadarusan... dalam mesjid terdapat beberapa orang pakistani sedang sholat dan sebagian dari mereka tertidur sekedar melepas kantuk disiang panas itu.



selesai baca al quran ku taruh kembali ditempat semula kumulai keluar mesjid dan mencoba mengedarkan pandangan kesekeliling dapat kulihat keagungan mesjid ini.



di lantai luar mesjid marmer berwarna hitam motif bintang lima 3 buah menyambut langkahku, kuambil inisiatif untuk menghitung anak tangga diluar berjumlah 5 dan diatasnya terdapat tiang berjumlah delapan dimana dua tiang berada berdempetan dan delapan lainnya tepat berada di dekat pintu masuk berwarna coklat tua, didepan halaman terdapat payung terpal besar menutupi sebagian halaman, dan bangunan berwarna putih gading itu dilengkapi dengan dua menara tinggi model arab style..



ya allah kapan kubisa datang kembali kemesjid ini dan memenuhi kewajibanku kepadamu untuk sujud keharibaanmu.....


street 441, 33b dubai uae

No comments:

Post a Comment