Tuesday, September 28, 2010

Dunia maya versus dunia nyata








dalam pergaulan sosialisasi generasi saat ini, jejaring sosial seperti Facebook, friendster, tweeter ataupun netlog merupakan situs yang begitu digandrungi masyarakat baik mereka yang merupakan publik pigur ataupun tokoh dalam politik, artis ataupun tokoh-tokoh yang tidak jelas sama sekali. akibatnya kehidupan mereka begitu tergantung kepada internet, dimanapun mereka berada selalu akan sibuk dengan internet.

dalam ketergantungannnya yang begitu menyibukkan di dalam dunia maya tentu saja memiliki hal negatif yang tidak selalu disadari, seperti halnya diary yang seharusnya hanya sebagai catatan bagi diri sendiri ataupun privat manakala penulisan diary itu dilakukan di media-media publik otomatis tak ada lagi hal-hal yang tertutup atau dengan kata lain semua orang dapat mengetahuinya dan mengaksesnya.

tentu saja mereka akan sibuk dalam dunia maya dan berakibat kehidupan mereka di dunia nyata menjadi tidak jelas.. seperti halnya jika kita melakukan kesibukan dengan teman-teman menikmati sesuatu kegiatan liburan misalnya seharusnya hal itu menjadi kegiatan menyenangkan dan mngasyikan, menikamati yang ada sehingga tak terasa waktu cepat berlalu... namun seseorang yang telah kecanduan dengan dunia maya mereka akan sibuk mengambil gambar dan berfose ataupun pura-pura senang dengan photo yang mereka buat hingga setealah mendapatkan cukup photo mereka berfikir untuk segera mengakhiri kegiatan tersebut dan bersegera pulang membuka internet dan mengupload photo-photo yang mereka dapatkan. akibatnya mereka ga peduli asyik ataupun tidak kegiatan tersebut tidaklah penting bagi mereka.

yang mereka mau hanya photo dan fose-fose yang asyik ataupun pura-pura asyik sehingga photo tersebut dapat di pajang dalam dunia maya mereka, lambat laun karena hal yang demikian tidak ada yang mereka inginkan dari setiap kegiatan didunia maya, seperti bersilaturahmi dengan kawan-kawan, becanda, have fun dll yang ada dalam mereka photo dan upload.. tentu saja dunia maya yang mereka bangun akan menimbulkan kecanduan yang sangat tinggi sehingga tanpa disadari waktu yang terbuang percuma dan teman-teman tidak jelas akan berada dalam kehidupan mereka yang menimbulkan ketidak kreatifan dan terbuangnya masa produktif juga kreasi di kehidupan nyata.

banyak artis yang aibnya terbongkar hanya karena kegiatan pribadi mereka terbuaka ke ranah publik, ataupun ada orang yang iseng menyebarluaskannya di dunia maya, tak sedikit para tokoh publik jatuh hanya karena kegiatan mereka yang dinilai tidak pantas terlihat publik didunia maya. akibatnya tentu saja merugikan bagi popularitas mereka bahkan karier dan manghantui kehidupan mereka didunia nyata..

tak sedikit dari mereka menyadarinya setelah kejadian fatal yang mereka alami, sebaiknya dunia maya tetaplah dunia maya suatu dunia yang ada dalam ketidak jelasan dan dunia nyata merupakan dunia sesungguhnya tempat dimana ada kehidupan sesungguhnya. jalani dunia maya sekedarnya dan jalani dunia nyata dengan menikmatinya dan larut dalam setiap sensasi yang ditimbulkannya..

seperti halnya kita yang berada dalam dunia nyata, jalin hubungan dengan berbagai kalangan, berbagi kebahagiaan dan nikmati setiap obrolan yang terkadang kita melupakan perputaran waktu yang tentu saja akan menjadi bagian terindah dalam perjalanan hidup kita... marilah kita nikmati kehidupan nyata kita dan gunakan dunia nyata sebagai sarana untuk komunikasi dengan orang-orang yang tidak memungkinkan kita untuk saling menyapa hanya itu...

nikmati momen yang kamu miliki, berhenti memberitahu orang apa yang kamu lakukan" kata-kata ini tepat untuk menggambarkan apa arti sebenarnya dunia maya dan dunia nyata....

1 comment: