Monday, December 26, 2011

Rawa Lumbu

Kemang pratama raya blok AM/7D adalah sebuah lokasi yang hampir mirip dengan perumahan Pondok Indah di akhir tahun 80 an, di sekitar daerah ini hadir sekolah-sekolah elit dalam pengertian berbiaya mahal dan kelas menengah ke atas, ada Al Azhar 11 sekolah islam rintisan Standard Internasional, Sekolah Marsudirini sekolah yayasan Kristen bertaraf Internasional, Sekolah SPV Victory sekolah asing benar-benar standard inggris yang maju.

disamping sekolah taraf internasional tempat kursus-kursus pun begitu banyak didaerah ini, EF, Kumon, dll. selain hal tadi tempat sholat jumat pavorit ku ada disini mesjid Al Azhar dimana setiap hari jumat selalu ramai di datangi umat, dan tak lupa bazar rakyat pun selalu padat dikunjungi setelah sholat jumat, memang tak seramai mesjid raya pondok indah dengan pasar jumat nya namun keramaian setelah jumat pun hampir mirip sekali.

khotib dan imam yang sangat kompeten selalu hadir membawakan kutbah bermutu dan berpendidikan, siswa-siswa al azhar selalu bergerombol dan banyak melaksanakan sholat tersebut dengan didampingi guru-gurunya, bentuk bangunan yang indah megah dan begitu mewah dilengkapi karpet indah dan ukiran kayu-kayunya yang begitu kontras dengan taman di halamannya.

untuk kawasan niaga daerah sini begitu hidup, dari mulai restaurant, cafe, ataupun minimarket selalu penuh dikunjungi orang-orang yang membutuhkan. kawasan ini tentu tak serindang jalan arteri pondok indah dengan berbagai jenis pohon rindangnya, mungkin butuh waktu untuk menghijaukan kawasan ini, tetapi didepan gerbang yang melewati jembatan dimana kali besar melintasi begitu mengingatkan kita akan kampung-kampung dengan pohon bambu desepanjang sungai jika musim hujan sungai tersebut begitu indah.......

agak ke timur tepatnya sebelah danau dimana penduduk asli betawi kawasan ini bermukin diluar komplek perumahan kita masih dapat menjumpai rumah-rumah kayu tua dan pohon besar seperti kecapi, jengkol, rambutan dan pohon jamblang, diselingi obrolan ringan khas betawi kita seolah berada didaerah condet pada era 70 an... tanah luas dimana-mana, sepeda onthel di hampir semua rumah dan nyak-nyak yang sedang sibuk nyapu....duh...betul-betul betawi..

ya.... kawasan itu bernama rawa lumbu, perumahan kemang pratama berada tepat di daerah tersebut, kebanyakan penduduk asli daerah ini adalah mereka yang terjual tanahnya dan tersisih ke pinggirannya guna pembangunan kawasan ini... mereka yang tidak mampu membeli tanah daerah pinggiran ini pergi ke daerah depok atau cikarang.

hampir setahun ku habiskan waktuku disini, setiap hari sekitar 30-45 menit ku lalui jalanan pinggiran kota jakarta untuk tiba disini, jika ambil kanan ke arah bantar gebang kan kita lihat kali yang begitu deras dan pemandangan sawah, empang dan sapi-sapi yang sedang digembalakan....hmmmm terasa di kampung bukan... keluar jalur tersebut tepatnya lampu merah perempatan ambi;l ke kiri akan kita lihat puskesmas bekasi dan kantor kepala lurah yang mempunyai luas tanah begitu besar tepat dikanan jalan.

sebelum RS Saint Elizabeth tepatnya lampu merah kedua sebelah kiri akan terlihat papan jalan Kemang Pratama Raya...ya disinilah aku, di kota bekasi ini lah aku menjalani sebagian besar waktuku...


rawa lumbu 27 desember 2011

No comments:

Post a Comment