Monday, July 19, 2010

jakarta harus jadi kota jasa

teringat pidato bang foke di mesjid attin 10 juni 2010, dimana ada Zainudin mz dalam rangka dzikir bersama di mesjid attin, dia bilang jika jakarta dijadikan kota perkebunan ga punya laha, dijadikan kota pertanian ga ada sawah.... ada kebon kacang ga ada pohon kacangnya????

lalu dia menyinggung juga jika demikian maka satu2 nya cara untuk mendatangkan devisa kasa bagi kota jakarta dengan cara menjadikan kota jakarta sebagai kota jasa, dalam hal ini satu2nya cara untuk menjadikan jakarta sebagai kota jasa yaitu dengan membuat pariwisata kota itu dengan menatanya dan membuatnya sebagai bagian dari kehidupan masyarakatnya...

ku pikir hal2 yg mudah dulu atau yang kecil2 dulu bisa kita mulai jalankan, contoh kecilnya dengan menerapkan bahasa inggris sebagai bahasa harian, di petunjuk2 jalan, di nama2 toko seluruh jakarta, di uang yang kita miliki pun seharusnya sudah menggunakan bhs inggris sebagai bagian dr kehidupan kita..

lalu bisa dilanjutkan dengan petunjuk lalu lintas.. dimana bhs inggris dan bahasa harus selalu disandingkan... lalu nomor2 bus umum ataupun angkutan umum lainnya selalu harus berbahasa inggris, petunjuk2 di kawasan wisata, dan gedung2 pemeritahan harusnya berbasaha inggris,.. dan tak kalah pentingnya juga siaran2 tv lokal harusnya ada terjemahan inggrisnya..

meningkat ke arah lebih dalam sebaiknya para masyarakatnya juga dibiasakan berbahasa inggri jika kelak para turis banyak datang maka mereka akan merasa seperti berada di rumahnya sendiri.. baru kita dapat rasakan manfaatnya bagi kota jakarta dan amsayarakatnya...





IC dubai 19 juli 2010

No comments:

Post a Comment