Sunday, April 8, 2012

masa-masa awal buka restaurant

Diawal buka bisnis kuliner hal-hal yang perlu digarisa bawahi adalah mengenai arahnya restaurant itu mau kemana?, entah masakan nya, marketnya dan tema restaurant itu sendiri. terkait dengan hal itu pasti kedepannya berhubungan dengan pencarian sdm untuk koki, pramusaji, team leader ataupun para pekerja lainnya.

misalnya jika kita tentukan mengenai tema restaurant adalah masakan indonesia, maka kita recruitment dan interview para calon koki nya dengan para koki yang sudah memiliki pengalaman di bidang maasakan indonesia.

begitu juga dengan pramusajinya kita pilih mereka yang telah terbiasa dengan restaurant indonesia, apa yang harus diucapkan jika bertemu ke pelnggan dan apa yang bisa di suggest ke mereka jika mereka bertanya nantinya berkaitan erat dengan training.

jika tema sudah ditentukan maka langkah berikutnya adalah pemilihan masakan, dari berbagai masakan indonesia kita pilih beberapa masakan yang akan ditampilkan direstaurant, pilihan itu nantinya perlu melihat dari segi pemasakan dan pengolahan, penyimpanan, daya beli masyarakat dan juga cost pembuatannya.

setelah itu berlanjut ke tema furniture dan mulai memikirkan ke kapan mulai masak dan kapan grand opening dengan memperhatikan bebapa hal-hal teknis mengenai trial dan error. belanja dimana, jam berapa biasanya mulai banyak pelanggan, dan apa yang disukai oleh pelanggan dll.

sering kali terjadi beberapa pengusaha restaurant pada saat pembukaan restaurant kurang memperhatikan hal-hal kecil contohnya kapan mulai masak sehingga kapan karyawan mulai training dan mulai bekerja, ketidak jelasan teresebut akan mempengaruhi kinerja dan betah atau tidaknya karyawan yang tentu saja mempengaruhi bisnis restaurant yang akan kita buka....

rawa lumbu 9/4/12

No comments:

Post a Comment